Workshop Lanjutan PKB Pendidik dan Tendik Spintag

Gambar : Suasana Workshop Lanjutan PKB Spintag

Workshop Lanjutan PKB Pendidik dan Tendik Spintag

Songsong Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022

Di tengah kesibukan pengolahan nilai akhir semester genap, di tengah kesibukan beberapa tugas tambahan, guru dan tendik Spintag menyempatkan menyelenggarakan Workshop Lanjutan PKB Pendidik & Tenaga Kependidikan SMPN 1 Tanggulangin di Hotel Mutiara Baru, Batu, 17-18 Desember 2021.

Disematkan kata lanjutan, karena memang ini adalah follow up atas workshop sebelumnya yang dilaksanakan di Trawas. Berturut-turut Spintag melaksanakan usaha-usaha perbaikan penyelenggaraan pendidikan.

Dalam sambutan pembukaan, Pak Hadi (Kepala SMP Negeri 1 Tanggulangin) mengatakan bahwa hal-hal seperti ini harus digiatkan dan diseringkan. "Ini adalah bentuk ikhtiar kita bersama dalam proses pemberian layanan pendidikan yang lebih baik. Harus digiatkan karena kita butuh suasana baru untuk memantik ide-ide baru," lanjut beliau.

Acara inti dimulai dengan pemetaan analisis KI-KD setiap mata pelajaran yang dipimpin oleh Waka Humas Spintag, Pak Yuli. Analisis KI-KD yang harus terkoneksi dengan tiga tujuan, sesuai dengan visi-miri Spintag: Adiwiyata, Sekolah Ramah Anak, dan Literasi.

Hasil dari workhsop ini nantinya akan terimplementasikan dalam kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler di civitas akademika Spintag. Dengan harapan seperti yang disampaikan oleh Pak Hadi, memberikan layanan pendidikan yang lebih baik.

Acara berlanjut keesokan harinya dengan pelaksanaan outbound bersama. Tujuannya jelas, selain refresh otak, kegiatan ini juga bermanfaat untuk merekatkan teamwork dan solidaritas segenap guru dan tendik Spintag. Beberapa games dan tantangan yang mengasah otak serta menuntut tingginya kerja sama yang baik dilakukan.

Workshop plus outbound kali ini sungguh sangat bermanfaat dan menyenangkan. Layanan pendidikan yang lebih baik akan berhasil diberikan, jika SDM (guru dan tendik) memiliki teamwork dan solidaritas yang mumpuni.