Dolan Pinter Kota Proklamator: ODL Spintag Kelas VII

Gambar : Siswa Spintag sedang Mengisi LKPD ODL dengan Latar Belakang Candi Penataran (Foto: M. Faiz Rahmadi)

Dolan Pinter Kota Proklamator: ODL Spintag Kelas VII

Belajar Agama, Sejarah, sampai Kewirausahaan

Pagi itu, Selasa (17/1), salah satu sudut Permata Regency tidak seperti biasanya. Sejak pagi buta, ratusan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanggulangin sudah berkumpul untuk bersiap melakukan kegiatan. Ya, mereka sedang persiapan berangkat Outdoor Learning (ODL) ke Kota Blitar. Raung suara mesin armada bus menambah semarak suasana.

Agenda tahunan sebagai penunjang pembelajaran kali ini diikuti total 313 siswa. Ada 8 siswa yang tidak ikut, itu pun tetap diberi tugas yang sama. Hanya tujuannya berbeda, yaitu Museum Mpu Tantular Sidoarjo. Rombongan ODL Blitar berangkat sekitar pukul 6 pagi. Tujuan pertama adalah Candi Penataran.

"Untuk objek Candi Penataran, anak-anak diberi LKS mapel IPS dan Matematika. Untuk mapel IPS tujuan pembelajarannya adalah menguraikan kronologi perubahan dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai Hindu-Budha dan Islam," Jelas Evi Apriliyanti, Wakakur Spintag sekaligus koordinator ODL.

Sementara untuk pelajaran Matematika, lanjut Evi, siswa diberi tugas menghitung jarak antara Spintag dengan Candi Penataran Blitar, serta menghitung waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak tersebut.

Selepas Candi Penataran, siswa melanjutkan dengan makan siang untuk kemudian bergegas menuju Makam dan Museum Bung Karno. Di sini siswa belajar mengenai agama dan PPKN. Dan tujuan terakhir ODL adalah Wisata Kampung Coklat. Secara spesifik di Kampung Coklat, siswa diminta untuk menulis teks deskripsi dalam bahasa Inggris.

"Namun di Kampung Coklat siswa juga belajar bagaimana potensi daerah bisa dimaksimalkan sedemikian rupa. Dulu daerah kampung coklat ini ya pemukiman biasa. Dengan visi yang baik, akhirnya bisa jadi seperti sekarang," lanjut Evi.

Harapannya dengan rangkaian ODL ini, siswa paham bahwa belajar juga bisa dilakukan di luar kelas. Dengan tujuan dan tahap pembelajaran yang sistematis, manfaat bisa dicapai maksimal. (mgk)